Non Litigasi

Divisi Non Litigasi melakukan fungsi pendidikan dan pencerdasan kepada masyarakat khususnya menyangkut masalah-masalah hukum, guna membuka “acces to justice” kepada masyarakat yang dirasakan jauh dari keadilan. Fungsi ini dilaksanakan secara nyata melalui kegiatan rutin penyuluhan hukum langsung kepada para tahanan di Rutan Cipinang pada minggu pertama kemudian Rutan Wanita Pondok Bambu pada minggu kedua, serta Rutan Salemba pada minggu ketiga. Materi yang disampaikan dalam penyuluhan ini meliputi Hak-Hak dari para tersangka dan terdakwa, serta proses peradilan pidana yang yang akan dijalani.

Dalam kegiatan penyuluhan ini, LBH Mawar Saron juga membuka klinik hukum guna konsultasi masalah hukum para tahanan secara pribadi. Harapannya agar para tahanan mendapatkan pengetahuan mengenai proses persidangan serta hak-hak hukum yang dijamin oleh undang-undang sehingga mereka tidak lagi berada dalam posisi “buta hukum” untuk menjalani proses persidangan nantinya. Selain itu fungsi ini dilaksanakan juga dalam bentuk berbagai kegiatan yang dilakukan seperti mengadakan seminar/penyuluhan hukum secara langsung di lingkungan masyarakat (kelurahan-kelurahan, kampus-kampus, sekolah-sekolah), membuat publikasi berkala melalui berbagai media cetak (majalah, koran, dan tabloid), dan melakukan talkshow di sejumlah radio dan stasiun televisi (swasta dan nasional)

Tujuan yang ingin dicapai melalui berbagai kegiatan yang dilaksanakan tersebut adalah untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat terkait masalah hukum, sehingga masyarakat menjadi sadar akan hak dan kewajiban mereka di hadapan hukum, atau dengan kata lain tidak lagi buta hukum.

LBH Mawar Saron juga mengelola sejumlah kegiatan diskusi hukum di berbagai media massa/media cetak. Selain untuk memperkenalkan LBH Mawar Saron, juga untuk memberikan pendidikan hukum kepada masyarakat. Sejumlah kegiatan yang dilaksanakan dan dikelola oleh LBH Mawar Saron melalui media massa/media cetak adalah :

  1. Rubrik Klinik Hukum di Hukum Online.com
  2. Rubrik Koridor Hukum di Tabloid Nyata
  3. Rubrik di Tabloid Mawar Saron
  4. Rubrik di Tabloid News Objektive
  5. Rubrik di Intisari Online

Selain sejumlah kegiatan tersebut diatas LBH Mawar Saron juga aktif memberikan Legal Opinion (Pendapat Hukum) bagi masyarakat yang mengalami masalah hukum dan meminta bantuan hukum kepada LBH Mawar Saron.

Selain atas dasar permintaan oleh anggota masyarakat, LBH Mawar Saron juga aktif memberikan pendapat hukum terkait berbagai pemberitaan dan masalah hukum yang terpublikasi di media massa. Berbagai pendapat hukum yang disampaikan oleh LBH Mawar Saron tersebut mendapat dukungan dan tanggapan positif dari kalangan pemerintahan, baik eksekutif, legislative maupun yudikatif.

Style switcher RESET
Body styles
Color settings
Color 1
Color 2
Background image